Kata Siapa Menikah Butuh Modal Besar? Baca Dulu Baru Paham!

Membina kehidupan rumah tangga atau menikah adalah impian bagi setiap orang. Menikah atau membina kehidupan yang baru akan membuat kehidupan seseorang menjadi lebih bahagia. Namun, banyak orang yang ragu-ragu untuk menikah karena kebutuhan untuk melangsungkan pernikahan sangat banyak. Apakah menikah memang benar-benar membutuhkan modal yang besar?


Nikah Tidak Butuh Modal Besar, Ego lah Yang Menjadikan Modal Menjadi Besar

Biaya pernikahan seringkali menjadi beban bagi para kawula muda yang ingin segera menikah. Ini disebabkan karena kebiasaan dari masyarakat Indonesia yang merayakan pernikahan dengan cara yang mewah. Ada biaya yang harus dipikirkan mulai dari biaya mahar, biaya catering, biaya souvenir, biaya dekorasi, dan masih banyak lagi.

Untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut, dibutuhkan modal ratusan juta rupiah. Ini membuat anak-anak muda berpikir keras untuk mewujudkan impiannya untuk menikah. Dari hal tersebut, dampak negatifnya adalah banyak yang melakukan hubungan yang tidak diinginkan di luar pernikahan. Alasannya yaitu, belum memiliki modal untuk menikah.

Pada dasarnya, kalau Anda memang memiliki niat untuk menikah sebagai ibadah, biayanya sangatlah terjangkau. Biaya untuk menikah tidak mencapai 1 juta rupiah. Berikut rincian biaya nikah sederhana tanpa menggunakan modal yang besar.


1. Ke KUA

Nikah di KUA tidak membutuhkan biaya. Anda hanya diharuskan langsung datang ke KUA untuk melakukan ijab qobul pernikahan disaksikan penghulu dan saksi.

2. Mas Kawin

Mas kawin tidak perlu mewah-mewah. Mas kawin sebesar 200 ribu rupiah dirasa sudah cukup asalkan kedua pasangan sama-sama bisa menerima dengan ikhlas.

3. Syukuran sederhana

Syukuran sederhana juga tidak membutuhkan biaya yang mahal. Anda bisa potong ayam sendiri dan membuat nasi kuluban untuk dibagikan kepada tetangga dan kerabat terdekat. Biaya yang dibutuhkan hanya 300 ribu rupiah saja. Yang penting tetangga sekitar dan kerabat mengetahui pernikahan Anda sehingga tidak dikatakan nikah secara sembunyi-sembunyi.

4. Bulan madu ke pantai

Tidak perlu bulan madu ke luar negeri atau ke Bali. Anda bisa datang ke tempat wisata terdekat di daerah Anda. Datang saja ke pantai. Biaya yang Anda butuhkan paling hanya 100 ribu rupiah untuk transportasi dan makan. Asalkan bersama dengan pasangan yang Anda cinta, mau jalan-jalan ke manapun akan terasa bahagia. Apalagi Anda sudah sah sebagai pasangan suami istri.

5. Yang penting Sah

Tidak usah memikirkan apa kata orang. Yang penting, nikah yang Anda lakukan adalah sah, tidak merepotkan orang lain. Anda dan pasangan sama-sama menerima menikah dengan cara sederhana. Biarlah orang berkata apa. Anda tidak perlu stres memikirkannya karena kebutuhan setelah nikah akan jauh lebih banyak.

Total biaya yang Anda butuhkan untuk melakukan pernikahan sederhana hanya 600 ribu rupiah. Tidak perlu biaya selangit untuk mewujudkan pernikahan impian Anda. Sejatinya, nikah memang tidak membutuhkan modal yang besar. Ego seseorang untuk membuat pernikahannya menjadi pernikahan yang mewahlah yang akan membuat biaya menjadi semakin besar.

Untuk apa menikah dengan biaya yang besar kalau harus memaksakan kantong Anda. Jangan sampai berhutang sana sini untuk modal pernikahan mewah dengan tujuan supaya dipuji oleh banyak orang. Berpikirlah lebih jauh tentang kebutuhan pasca pernikahan seperti kebutuhan tempat tinggal, kebutuhan anak-anak, dan kebutuhan pendidikan anak-anak Anda di masa depan.

Hal tersebut jauh lebih penting dibandingkan menghambur-hamburkan uang untuk sebuah pernikahan yang mewah. Jika Anda melakukan tips di atas, Anda tidak perlu stres memikirkan pernikahan. Setidaknya, gambaran di atas bisa menunjukkan kepada Anda bahwa sejatinya menikah tidak butuh modal yang besar. Keputusan ada di tangan Anda.